Selasa, 02 September 2008

Do'a Berbuka Puasa

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Sekedar share, bagi yang belum tahu.Smoga Manfaat

Hadits dha’if tentang doa berbuka puasa :
Dari Mu’adz bin Zuhrah, bahwasannya telah sampai kepadanya, sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi was sallam apabila berbuka (puasa) beliau mengucapkan, “Allahumma laka shumtu wa bika amantu …” (HR Abu Dawud no. 2358, Baihaqi 4/239 dan lainnya)

Hadits tersebut di atas dikatakan mursal karena Mu’adz bin Zuhrah adalah seorang tabi’in bukan seorang sahabat, jadi ada sanadnya yang terputus antara sahabat dan tabi’in sehingga haditsnya dikategorikan dha’if.

Sementara itu hadits yang hasan tentang doa berbuka puasa adalah sebagai berikut :
Doa yang biasa diucapkan Rasulullah SAW ketika berbuka puasa, “DzaHabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah” yang artinya “Telah hilang rasa haus dan urat - urat telah basah serta pahala telah ditetapkan, insya Allah” (HR. Abu Dawud no. 2357, Ad Daraquthni III/1401 no. 2247, dan Al Hakim no. 1/422, hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab Irwaa-ul Ghaliil no. 920)

Referensi:
1. Al Masaa-il, Abdul Hakim bin Amir Abdat, Darul Qalam, Jakarta, Cetakan Kedua, Tahun 2004 M.
2. Adab Harian Muslim Teladan, Abdul Hamid bin Abdurrahman As Suhaibani, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Januari 2005 M, hal. 184-185.

2 komentar:

iam mengatakan...

klo iam langsung telen aja, gimana mbak..langsung kulibas..

Nia al akhfiya' mengatakan...

do'a itu tanda syukur iam. klo ga tahan, terus pengen cepet2 buka, minimal baca basmalah atuh...biar tambah berkah...